Perkenalan Blog

Selamat datang di infomutiaraasli.blogspot.com. Blog ini hanya berisi seputar informasi mutiara Indonesia, khususnya mutiara Lombok. Jangan lupa kunjungi media-media sosial berlogo Exotic Pearl dan web resmi jualan kami di www.exotic-pearl.com

Senin, 05 Januari 2015

Akar Bahar, Tumbuhan Ataukah Hewan Laut?



Kita tentu pernah mendengar nama akar bahar. Dengan empat ragam warnanya yakni hitam, putih, kelabu, dan coklat, akar bahar sering dikenal sebagai golongan tumbuhan. Padahal anggapan tersebut salah. 

Memang jika dilihat dari nama populernya maupun dari bentuknya yang bercabang-cabang seperti pohon, masyarakat awam cenderung menganggapnya termasuk dalam kategori tumbuhan laut. Dalam bahasa inggris, akar bahar dikenal dengan nama the black corals , sebenarnya masuk dalam golongan hewan laut, yang kekerabatannya erat dengan kelompok binatang karang

Dalam sistematika hewan, akar bahar masuk dalam filum coelenterata (binatang berongga), kelas anthozoa, anak kelas hexacoralia, dan bangsa antipatharia. Selain the black corals, akar bahar juga dikenal dengan nama bahasa inggris lain yakni, the thorny corals, sebab warnanya yang cenderung hitam dan dibangun oleh komponen yang mirip zat tanduk atau keratin.

Di alam, akar bahar mempunyai koloni yang berupa pohon. Hal ini juga terlihat pada kelompok gorgonacea dan blood corals. Koloni ini menempel kuat pada substrat yang keras seperti batu atau karang mati. Sebetulnya koloni akar bahar itu dibangun oleh beribu-ribu binatang yang hidup membentuk koloni dan mempunyai koordinasi yang kompleks

Yang lazim dikenal sebagai gelang bahar adalah jenis-jenis Euantipathes. Biasanya terdapat di daerah tubir dari terumbu karang antara kedalaman lima sampai sepuluh meter. Zat tanduk dari bagian sumbu ini dibangun oleh komponen keratin, gorgonin, dan sedikit bromine serta jodine. Sifat fisik dari keratin adalah lebih elastis dibandingkan gorgonin. Gorgonin adalah sejenis zat tanduk yang dibentuk oleh kelompok gorgonacea. 



Akar bahar memang memiliki keunikan tersendiri, mulai dari sejarah hingga karakter daur hidupnya, sehingga nyaris hewan ini dikenal secara awam sebagai jenis tanaman laut. 

Selain sebagai perhiasan, secara ilmiah, khasiat akar bahar dapat mengurangi bahkan membunuh racun yang masuk dalam ruangan atau di sekitar kita, jika kita menggunakan aksesoris atau gelang dari akar bahar. 

Dan menariknya lagi, menurut salah seorang pengrajin Exotic Pearl , jika gelang ini dipakai terus-menerus akan semakin cerah dan bersinar. Wow!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar